Friday, September 7, 2012

Unstoppable


Ini memang tentang film berjudul "Unstoppable" (2010) yang dibintangi aktor favorit saya :) Denzel Washington.  Jadi ceritanya, film ini mengisahkan tentang kereta api sepanjang lebih kurang 800 meter berisi bahan kimia berbahaya yang berjalan dengan kecepatan maksimal tanpa pengemudi (masinis). Wow! Btw, kisah ini memang diinspirasi oleh kisah nyata (juga salah satu genre favorit saya ^_^)

Adalah Frank Barnes (Denzel Washington) supir kereta dengan dedikasi 28 tahun, bersama Will Colson (Chris Pine) konduktor yang baru masuk mengendarai kereta bernomor 1206 yang membawa sekitar 750 meter gerbong dibelakangnya. Kereta lain bernomor 777 yang tanpa masinis ini, bergerak berlawanan arah dengan kecepatan penuh yang kemudian menjadi tokoh utama cerita. Singkat cerita, setelah berhasil menyelamatkan keretanya sendiri agar tidak bertabrakan dengan 777 (menepi di rel 2 jalur), Frank dan Will melepaskan ikatan lokomotif dengan gerbongnya dan kemudian mengejar kereta 777 dari belakang untuk mengurangi kecepatan kereta tsb agar tidak terjatuh ketika melalui lintasan rel berbentuk kurva di sebuah kawasan industri. Bisa ditebak, kedua orang yang tidak mendapatkan restu ketika ingin menyelamatkan kereta tsb, akhirnya menjadi pahlawan.

Tidak ingin me-review film ini (makanya saya ngga nulis di kategori review). Alur cerita mudah ditebak, tapi dikemas dengan apik sekali sehingga tidak membosankan, justru semakin tegang hingga akhir cerita.

Saya suka sekali cerita tentang kepahlawanan, khususnya pahlawan-pahlawan real disekitar kita. Pernah nonton "Unbreakable"? Cerita ini masih membekas dalam ingatan saya, selain karena dimainkan oleh Bruce Willis dan Michael L. Jackson (favorit saya), tapi jalan cerita yang menarik, tentang kepahlawanan. 

"Die Hard" (1 sampai 4) belum bosen saya tonton. Tiap kali tayang di tv, kalo sempet, pasti saya usahain nonton. Jalan ceritanya mungkin muluk2 ya (how come? Satu orang ngelawan komplotan?) The point is, bagaimana yang satu orang ini 'peduli' dan berjuang. Di Die Hard 4, salah satu dialog yang masih saya ingat,"kenapa kamu mau melakukan semua ini?" dan John Mc.Clane (Bruce Willis) menjawab,"Karena orang lain ga ada yang mau melakukannya." 

Well, that's make someone a hero, right?

"A Few Good Man" (Tom Cruise dan Demi Moore) juga bagus. Ohya, inget film ini, inget barusan juga saya nonton film "Puncture" (Chris Evans). Kedua film ini tentang pengacara yang membela sesuatu yang ia yakini meski mustahil menang. Tidak terlalu suka jalan cerita film Puncture ini, tapi pesennya dapet banget. Kisahnya berawal dari seorang perawat yang terinfeksi AIDS karena menggunakan jarum suntik yang tidak aman, yang digunakan oleh semua rumah sakit di AS sana, padahal ada jarum suntik yang aman -hanya saja harganya lebih mahal. Kasus menjadi kompleks karena yang dilawan adalah penyedia produk kesehatan besar (yaaa... tau sendiri lah birokrasi penyediaan barang dan jasa...). Si perawat akhirnya meninggal karena AIDS, si pengacara pun (menurut ceritanya) meninggal dibunuh, meskipun akhirnya kasus ini dimenangkan oleh partnernya, sehingga seluruh perawat di AS bisa tenang bertugas karena sudah menggunakan jarum suntik yang aman.

Sebenernya ada satu lagi film pengacara sejenis, membela seorang pemuda yang sakit melawan perusahaan asuransi besar (ah, saya lupa judul dan pemainnya). Mereka adalah pahlawan.

Hmm.... Sepertinya kita bisa mengambil kesimpulan ya, ada beberapa hal yang dipunyai oleh seorang pahlawan. Dan salah satunya adalah never give up, terus berjuang, hingga takdir menentukan apakah ia akan menang atau mati dalam perjuangannya...

:)

No comments:

Post a Comment

Jazakumullah khairan katsira...
Makasih banyak ya, sudah meninggalkan jejak di blog ini.
Have a nice day ^^