Thursday, September 6, 2012

Masak Rendang

Biasanya tiap sabtu saya ada agenda pekanan, tapi berhubung sabtu ini (ternyata) hari libur, jadi acaranya batal.
Biasanya (lagi) kalo hari sabtu kosong, saya akan ngajak anak-anak jalan-jalan. Kadang ke mall, kadang berenang...

Tapi kali ini (tiba-tiba) saya pengen masak (masak yang rada 'susah' dikit). Pas ditawarin ke si abi,"Bi, mau opor ayam apa rendang?" si abi jawab,"Rendang aja." jadilah saya akhirnya memutuskan masak rendang (rendang juga lebih gampang masaknya daripada opor sih, cuma lebih lama aja...)

Mo tau resep rendang turun temurun dari nenek saya yang asli Minang?
Gampang koq...
1. Daging. Yang paling bagus sih daging has dalam.
2. Santan. Untuk 1/2 kg daging diperlukan santan dari 2 butir kelapa. So, ibu-ibu tinggal menyesuaikan aja mau bikin berapa kg daging... (Kalo saya kemaren pake 'Kara', untuk 1 kg daging saya pake santan 1 liter, tentunya dengan dicampur air soalnya santan 'Kara' terlalu kental... ukuran airnya? Pake perasaan aja buuu... hehe)
3. Cabe merah keriting. Kalo mau ngga pedes, 1/2 kg daging cabenya 1 ons aja. Kalo mau pedes silakan ditambahin sesuai selera.
4. Jahe seruas jari jempol.
5. Satu bonggol bawang putih.
6. Bawang merah secukupnya (kira-kira seperempat kg deh... )
7. Daun salam, daun jeruk, dan daun kunyit.
8. Garam secukupnya... (hampir lupa deh yang atu ini)

Caranya?
Giling cabe, jahe, dan bawang putih sampai halus, campurkan ke santan. Masukkan daun-daunan.
Panaskan hingga mendidih. Masukkan daging.
Bawang merah diiris tipis-tipis. Dimasukkan jika rendang sudah hampir matang.
(satu tips dari nenek, kalo rendang udah keluar 'minyaknya' maka apinya harus dikecilkan)

So, gampang kan?
Resepnya juga ga macem-macem (ga sesusah opor ayam)
Cuma memang agak lama sih... Biasanya saya kalo masak rendang bisa 3-4 jam. Pernah juga sampe 5 jam karena waktu itu pake kompor minyak dan apinya kecil, tapi jadinya dagingnya empuk banget... Enyak, enyak, enyak...

Hmmm... siapa mau?

No comments:

Post a Comment

Jazakumullah khairan katsira...
Makasih banyak ya, sudah meninggalkan jejak di blog ini.
Have a nice day ^^