Thursday, September 6, 2012

Bekal

Menyiapkan bekal si kembar membuat tantangan tersendiri. Sekarang tidak hanya dipusingkan (ga segitu pusingnya siiih ^_^) dengan menu makanan di meja makan, tapi juga harus kreatif menyiapkan bekal yang enak (dimakan dan dilihat) dan bergizi supaya ga kelaperan di sekolah. Hmm... sebenarnya pasti ga bakalan kelaperan kalo pun ga disiapin bekal, mungkin akan dibagi oleh temen-temen kecilnya... (kadang pulang-pulang bawa biskuit ato cokelat, katanya dikasih Nadya, ato Bintang, ato temennya yang lain... meski udah punya bekal sendiri. Ceritanya tukeran bekal kali... hehe)

Sejatinya, menurut saya, tugas seorang ibu adalah menyiapkan bekal yang cukup. Cukup hingga anak-anak siap menghadapi dunianya. Dunia bermain, dunia sekolah, dunia pertemanan, dunia kuliah, dunia kerja, hingga kelak dunia keluarga yang mereka bangun sendiri, ketika tanggung jawab ibu diserahkan sepenuhnya kepada suami mereka kelak.

Ya, hari itu akan tiba. Ketika anak-anak tidak lagi berada dalam jangkauan pandangan mata. Mampukah mereka menghadapi 'kerasnya' dunia? Akankah mereka kelak berhasil menjalani setiap episode kehidupan dengan sukses? Menjadi anak yang sukses, istri yang sukses, ibu yang sukses, pekerja yang sukses, dan anggota masyarakat yang sukses?

Termasuk juga 'anak-anak' dalam da'wah. Tugas saya adalah menyiapkan mereka agar mampu menjalani kehidupan selanjutnya ketika saya tak lagi bisa -secara langsung- mendampingi mereka. Memberikan bekal yang cukup sehingga mereka mampu menghadapi tantangan da'wah profesi (birokrasi), da'wah sya'biah, dan da'wah keluarga (menikah). Dunia yang pasti harus dijalani ketika keluar dari zona nyamannya, kehidupan kampus yang kondusif, menuju 'the real world', dunia yang sebenarnya.

Selalu ada kekhawatiran jika bekal yang sudah saya siapkan ternyata belum cukup, sehingga mereka terseok dan terpaksa berjuang lebih keras, melakukan kesalahan-kesalahan yang tak perlu seandainya saya menyiapkan bekal yang cukup...

Ah... Kepada Allah SWT aku menitipkan kalian, anak-anakku...
Dia yang Maha Menjaga, tidak pernah tidur dan tidak pernah lupa...

Ya Allah beri aku kekuatan dalam menyiapkan bekal mereka, sehingga mereka berhasil menjalani kehidupan dengan selamat. Jagalah mereka ya Allah...

No comments:

Post a Comment

Jazakumullah khairan katsira...
Makasih banyak ya, sudah meninggalkan jejak di blog ini.
Have a nice day ^^