Thursday, September 6, 2012

Lebaran a la komplek

Hmm... mengingat kembali udah berapa tahun saya engga lebaran di kampung. Kalo ga salah terakhir lebaran di Payakumbuh itu tahun 2006... berarti sudah 4 tahun ga ngerasain ketupat, rendang, dan opor ayam nenek, udah 4 tahun ga nyobain jalan-jalan di pasa Pabukoan... hmmm...

Dua tahun terakhir saya lebaran di Jakarta, eh, maksud saya Tangsel...hehehe... Ada satu kebiasaan unik di kompleks Bea Cukai Cirendeu ini. Saya bilang unik, karena baru kali ini nemu yang begitu. Wallahu a'lam mungkin di tempat lain ada yang serupa.

Seperti biasa, pagi pasti pada shalat Ied di masjid terdekat. Biasanya di Masjid Al Ihsan di depan komplek. Selesai shalat, semua pada kembali ke rumah masing-masing. Kira-kira 15 menit kemudian, semua warga komplek serentak keluar rumah dan berkumpul di lapangan basket di tengah kompleks.
Untuk apa? Tentunya buat maaf-maafan :) hehe... Jadi ga usah keliling ke semua rumah buat salaman, cukup standby di lapangan, ntar tinggal salaman sama semua orang yang ada. Lumayan efektif dan efisien.
Setengah jam setelahnya, kompleks seperti kosong, pada keluar semua (silaturahim maksudnya). Ke mertua, ke sodara, ke mana-mana deh...

Kalo di kampung, salamannya ya cuma sama yang kenal aja, ato sodara-sodara. Kalo di komplek, ya pokoknya yang hadir di lapangan adalah warga komplek dan mereka adalah tetangga saya. Lumayan juga sih, ada sekitar 50 kepala keluarga, tapi seneng juga. Silaturahimnya terjaga dan hubungan makin erat.

Semoga tradisi ini terus terjaga selamanya, meski beda generasi.

Gimana di tempatmu?

No comments:

Post a Comment

Jazakumullah khairan katsira...
Makasih banyak ya, sudah meninggalkan jejak di blog ini.
Have a nice day ^^