Thursday, September 6, 2012

Menjelang Lima Tahun

Beberapa hari lagi (tak terasa) saya dan suami sudah menjelang lima tahun pernikahan kami. Kata orang (ni kata orang lho), lima tahun pertama pernikahan adalah masa adaptasi terberat. Jika 'lancar' melewati lima tahun pertama, insyaAllah lancar seterusnya. Begitupun sebaliknya.

Entahlah, mungkin benar mungkin juga tidak, tentunya tergantung masing-masing pasangan, dan setiap pasangan punya masalah dan kondisi masing-masing yang berbeda.

Lima tahun, bukan waktu yang sebentar, meskipun sekarang 'terasa' cepat berlalu. Rasanya baru kemarin cium tangannya waktu akad nikah, sekarang udah punya 3 bidadari kecil yang udah besar (apa sih?). Lima tahun berlalu, rasanya masih banyak dari dirinya (suami) yang belum saya kenal (selama ini kemane aje?). Ya begitulah... ta'aruf selalu. Saya kira saya telah mengenalnya, hingga suatu ketika saya terkejut atau tidak menduga tindakannya... Ya, namanya juga baru lima tahun...

Alhamdulillah, pada dasarnya kami punya banyak kesamaan, terutama masalah tujuan, visi dan misi hidup. Perbedaan hanya ditemukan untuk hal-hal yang tidak prinsip. Beberapa hari yang lalu kami melakukan evaluasi sekaligus planning keluarga, semacam raker keluarga lah (rapat kerja). Mulai dari mengingatkan kembali tujuan, visi-misi, rencana jangan pendek sampai panjang, tentang segala hal, mulai dari pendidikan, keuangan, sosial-kemasyarakatan, pengembangan individu (PSDM), rencana karier dan pendidikan umi-abi, sampai masalah yang paling penting dan sensitif, yaitu masalah komunikasi. (Alhamdulillah banyak ganjalan-ganjalan yang terselesaikan ketika membicarakannya dengan kepala dingin, hati tenang dan penuh cinta ^_^). Berhubung anak-anak masih kecil, jadi sementara raker kami lakukan berdua saja. InsyaAllah ketika anak-anak sudah bisa diajak dialog, kami akan mengikutkannya dalam rapat keluarga selanjutnya ^_^.

Banyak hal yang kemudian kami (saya dan suami) sepakati dan berazzam melakukannya, demi mewujudkan keluarga yang sakinah, mawaddah, warahmah, dan da'wah. Semoga kami bisa istiqomah menjalaninya... Amiiin...

Menjelang lima tahun pernikahan, ada banyak harapan baru. Biarlah kesalahan yang telah lalu, peristiwa buruk masa silam, akan sirna seiring bergulirnya sang waktu.

Selamat datang masa depan...

No comments:

Post a Comment

Jazakumullah khairan katsira...
Makasih banyak ya, sudah meninggalkan jejak di blog ini.
Have a nice day ^^