Thursday, August 30, 2012

Cinta dari Gorontalo

Pertama kali saya mengenal da'wah itu di kampus. Sebagaimana orang yang menemukan mainan baru dan langsung menyukainya, saya sangat menikmati hal baru itu dengan semangat menggebu-gebu. Jadi pengurus masjid kampus, ikut ngurusin masjid di sekitar kos-kosan, sempet jadi guru TPA, membina adik-adik kelas, ikut ngajar di 'masjid yang jauh' (alumni ponjay pasti ngerti nih), amanah disini - amanah disitu, dst...

Saya pikir saya sudah melakukan suatu pekerjaan besar...
Lepas dari kampus, saya gamang. Dunia kerja dan masyarakat menanti saya... Terus terang saya belum siap. Saya terlalu nyaman dengan gemerlap da'wah kampus. Comfortable zone (zona nyaman) saya ada di kampus...

Tapi waktu tidak bisa menunggu.
Mati-matian saya berusaha menyesuaikan diri dengan da'wah profesi dan da'wah sya'bi. Dan seperti yang sudah saya duga semula, tantangannya jauh lebih besar. Apalagi saya memulai perjuangan ini di ujung sulawesi, di Bumi Hulontalo (Gorontalo). Karakter dan budaya yang berbeda, betul-betul penyesuaian yang tidak mudah.

Tahukah Anda apa yang membuat saya bisa melewatinya?
Ukhuwah, jawabannya.

Pernahkah Anda mendapatkan cinta dari orang yang sama sekali tidak Anda kenal, belum pernah berjumpa, berasal dari tempat yang jauh? Cinta itu saya dapat dari mereka, pejuang-pejuang da'wah Gorontalo. Berkenalan dengan mereka seperti sudah mengenal lama. Dekat seperti sahabat yang tak terpisahkan. Berbagi, memberi, itsar, hal yang hampir tiap hari ditemui...

Bahwa ikatan aqidah itu lebih kuat dari ikatan darah, saya sendiri sudah membuktikan!
Ah, sebetulnya saya belum 'berhasil' dalam menjalani da'wah ini. Masih belum bisa dibandingkan dengan ikhwah Gorontalo yang semangatnya luar biasa itu. Juga tidak bisa dibandingkan dengan ikhwah Jakarta yang subhanallah...

Ah, semakin saya mengenal para ikhwah, semakin saya merasa sangat kecil...

Semoga keberkahan selalu menaungi mereka semua, dimana pun mereka berada...
Semoga saya masih bisa berkumpul bersama mereka dalam jannah-Nya kelak...
Ana uhibbukum fillah...

No comments:

Post a Comment

Jazakumullah khairan katsira...
Makasih banyak ya, sudah meninggalkan jejak di blog ini.
Have a nice day ^^