Thursday, September 6, 2012

Tentang Menjadi Enterpreneur...

Mbahas yang ringan-ringan ajah ya...
Tentang enterpreneurship?

Menjadi seorang enterpreneur adalah impian saya. Punya usaha yang terus berkembang, mempekerjakan orang-orang, mengurangi kemiskinan, banyak sedekah, dan tentu saja punya uang banyak sehingga tak perlu 'mikir' lagi kalo mau nyekolahin anak ke sekolah yang bagus, pengen naik haji, meng-haji-kan orang tua dan mertua, mbantu orang lain....dan seterusnya (ga bakalan abis deh...)

Udah pernah nyoba usaha kecil-kecilan (bener-bener kecil lho!!). Memang berkah juga punya tangan yang ga bisa diem. Duluuuu banget waktu masih kuliah, ya sebagaimana kebanyakan anak STAN lainnya, saya ngajar privat yang penghasilannya lumayan lah. Suatu hari saya liat kertas daur ulang di Gramedia (tempat biasa nongkrong hehehe...) yang kemudian saya beli dari uang hasil ngajar untuk bikin pigura foto, untuk kemudian dijual di Payakumbuh (nitip di toko orang). Namun ga balik modal, soalnya bikinnya pas libur dan malah ga sempet dijual, malah di pake sendiri... Lupa juga, bahan-bahannya sekarang ada dimana ya? Hmmm...

Setelah menikah, beberapa tahun vakum dari dunia per-enterpreneur-an. Setelah punya anak 3 dan di kantor (waktu itu) ada jam-jam istirahat (sambil nunggu jadwal online njawab telepon di call center), maka otakpun mulai bekerja. Lupa awalnya dari jualan apa. Pernah jualan pulsa, jualan cemilan (yang ini lumayan laku juga, tapi kedua usaha ini kemudian ga jalan lagi karena untungnya sangat kecil...hehehe...). Trus berlanjut ke sulam jilbab, bikin gantungan pintu dari kain flanel, jualan mukena-sajadah, pernah juga jual VCD anak muslim dari NCR (tupi-pingping, Nadya-Syamil, dkk). Oiya, pernah juga ikut pelatihan dan jadi agennya buku-buku Syamil yang "Muhammad Teladanku, dkk" tapi yang ini cuma berhasil nyari satu pembeli... hehehe...

Sekarang lagi konsentrasi (taela..) sama usaha bikin bros. Ini juga gara-gara temen seruangan jual bros model begini dan saya langsung suka. Kemudian beli satu bros untuk dipreteli dan dipasang lagi -mengikuti alur pretelan tadi. Sekarang saya udah bikin ratusan bros dan alhamdulillah udah balik modal. Pemasaran pake channel mama, adik, suami, sodara-sodara, semua yang mau dah. Ami, adik saya yang kedua punya toko muslim, jadi naruh disana beberapa puluh. Selebihnya jual door-to-door ke temen-temen mama di rumah sakit, temen-temen dan dosen-dosen adik bungsu saya yang masih kuliah (alhamdulillah dia mau 'jalan' dan hasilnya lumayan, ternyata dia punya bakat marketing juga), dan ibu-ibu temen suami di kantor yang ternyata juga berminat dengan  bros-bros buatan saya. Alhamdulillah...

Tadinya pengen punya toko sendiri, setelah diskusi sama suami, kaya'nya saya fokus di produksi aja dulu kali ya. Terus terang saya ga punya bakat marketing. Jadi konsentrasi produksi aja. Mungkin nanti sistemnya berdasarkan pemesanan aja. Jualan di internet, di temen-temen luar kota, jalan ke toko-toko busana muslim sambil ninggalin nomor telepon, sempet kepikiran juga mau ng-iklan di majalah Ummi, misalnya. Hehehe... namanya juga mimpi, harus diwujudkan, ya ngga?

Bros yang saya bikin harganya relatif murah. Dari yang 5000-an sampe paling tinggi 30rb. Sebenernya pengen bikin yang 'bagus-an' yang harganya diatas 100rb, tapi mau hunting dulu sambil cari-cari info di internet dan toko buku. Pengen bikin brand alias merek. Iffah Collection? Alif Collection? Raisha Collection? Anin Collection? Bagus yang mana nih...?

Selain bros, saya juga lagi melirik kaos anak-anak yang ada jahitan kain flanelnya. Berhubung stok kain flanel saya banyak banget, jadi gantungan pintu flanelnya di-diversifikasi ke kaos flanel. Mungkin bisa bikin gantungan kunci juga kali ya... hmmm...

Well, semua ini sih sebenernya proyek saya selama kuliah. Entah dua tahun lagi setelah masuk kerja lagi proyek ini bisa lanjut apa engga... Harus bisa lah ya! Optimis! Semangat!

Saya sih tetep pengen jadi PNS yang enterpreneur!

Bagaimana dengan Anda? ;-)

No comments:

Post a Comment

Jazakumullah khairan katsira...
Makasih banyak ya, sudah meninggalkan jejak di blog ini.
Have a nice day ^^