Thursday, August 30, 2012

Khadijah dan Neno

Dua orang yang menjadi inspirasi saya, yang sekarang sedang saya baca bukunya...

Buku pertama, Khadijah, The True Love Story of Muhammad. (Penulis : Abdul Mun'im Muhammad. Penerbit : Pena)

Meski belum selesai membacanya, tapi begitu banyak yang saya 'dapat'kan. Kedewasaannya, kecintaannya kepada Rasulullah SAW juga islam, pengorbanannya, kelemahlembutan sekaligus ketegasannya, ketabahan dan kesabaran, jiwa yang matang tak mudah panik bahkan penenang jiwa suami yang gundah dan takut, ibu yang bijaksana, istri yang sempurna.

Sebenarnya Khadijah sudah melihat tanda-tanda kenabian bahkan sebelum dia menikahi Muhammad. Tapi dia memilih resiko itu, resiko menjadi pendamping seorang yang akan menjadi nabi dan Rasul akhir jaman. Bukan hal yang menyenangkan, tentu saja, karena pasti dibalik amanah besar ada tanggung jawab besar. Tapi Khadijah mengambil kesempatan emas itu dengan segala konsekuensinya.
Dan dia berhasil ! Bahkan malaikat Jibril menitipkan salam padanya dan Allah menjanjikan sebuah rumah dari permata dalam jannahNya.

Buku kedua, Catatan Bunda Neno Warisman : Matahari Odi Bersinar karena Maghfi. (Penulis : Neno Warisman, Panerbit :Sygma Publishing)

Buku ini juga belum selesai saya baca, bahkan baru halaman-halaman pertama. Buku ini berisi kisah-kisah penuh makna dari seorang Bunda Neno tentang anak-anaknya. Begitu menginspirasi, karena begitu tergambar bagaimana perasaan seorang ibu, desah doanya dalam hati saat berinteraksi dengan buah hati dan dalam shalatnya. Juga banyak ilmu parenting alias bagaimana cara mendidik anak dengan sholeh agar bisa menjadi sholeh...

Dialog-dialognya dengan anak-anaknya, juga kisah lainnya, membuat pelajaran yang diberikan tidak berkesan menggurui. Tidak ada poin-poin, atau langkah-langkah yang harus dilakukan, hanya cerita yang mengalir dengan hikmah yang luar biasa dalam.

Banyak sekali ilmu -khususnya parenting- yang saya dapat dari membaca beberapa halaman awal buku ini. Mengingatkan, bahwa menunjukkan kasih sayang itu penting. Bahwa Allah adalah tempat bergantung dan mohon petunjuk dan pertolongan. Bahwa marah adalah hal yang paling wajib dihindari (meski untuk hal ini adalah termasuk kelemahan saya... Tetap berusaha! Semangat!). Bahwa meluangkan waktu untuk anak itu harus dimaksimalkan untuk menjaga kedekatan/keterikatan hati.

Ah, baru dua bab yang saya baca, saya menyadari begitu banyak yang belum saya lakukan untuk anak-anak saya...

Kesimpulan :
Dua buku di atas sangat saya rekomendasikan untuk dibaca, terutama untuk Anda yang sudah menjadi istri dan ibu, dan orang tua...
Selamat membaca...

No comments:

Post a Comment

Jazakumullah khairan katsira...
Makasih banyak ya, sudah meninggalkan jejak di blog ini.
Have a nice day ^^