Thursday, August 30, 2012

Ketemu Neno

Barusan kemaren cerita tentang bukunya, ternyata Allah mempertemukan saya langsung dengan penulisnya. Siang ini saya pertama kalinya menyaksikan semangat Bunda Neno yang luar biasa langsung dengan mata saya. Cara berpakaiannya yang cantik dengan nuansa hijau membuat suasana sejuk meski tak ketinggalan kalimatnya yang berapi-api.

"Smart Parent, Smart Children", begitu tema seminar yang diadakan Keputrian Masjid Shalahuddin KPDJP bekerja sama dengan Sygma Daya Insani. Banyak sekali fakta, ilmu, yang beberapanya membuat saya terperangah. Mengingatkan kembali tentang multiply inteligence, bahwa kecerdasan tidak hanya cerdas mathematics-logic seperti yang selama ini dijunjung tinggi banyak orang tua sehingga 'memaksa' semua anaknya harus 'pintar matematika', padahal ada 8 jenis kecerdasan -seperti yang sudah ditemukan oleh Howard Gardener, yaitu :
1. Kecerdasan lingustik (berbahasa baik lisan maupun tulisan)
2. Kecerdasan logika-matematika (ini yang sering disalahartikan oleh orang tua, dikatakan cerdas kalo dia cerdas yang satu ini, padahal ada banyak kecerdasan)
3. Kecerdasan visual dan spasial (visual = gambar, spasial = berkaitan dengan ruang dan tempat. Cermat akan warna, garis, bentuk, ruang, ukuran, dan hubungan akan elemen-elemen tsb)
4. Kecerdasan musik
5. Kecerdasan intrapersonal (kesadaran dan pengetahuan tentang diri sendiri)
6. Kecerdasan interpersonal (kemampuan untuk mengamati, mengerti maksud, motivasi, dan perasaan orang lain)
7. Kecerdasan kinestetik (keterampilan fisik)
8. Kecerdasan naturalistik (mengenali tanaman, hewan, dan alam semesta)

Bahwa jaman sekarang tidak cukup hanya cerdas, tapi harus tangguh!

Dan setiap adalah unik, tidak boleh disama-samakan (tantangan banget buat saya yang punya anak kembar...)

Bahwa yang menentukan keberhasilan seorang anak adalah KEPRIBADIANNYA. Inilah yang kita -sebagai orang tua, terutama ibu sebagai madrasah pertama- harus bangun bahkan sejak dia dalam kandungan. Memberikan stimulus-stimulus untuk semua jenis kecerdasan sedini mungkin, yang setiap harinya dijanjikan Allah menyambungkan 1,8 juta sambungan per detik untuk 100 juta milyar sel neuron yang ada di dalam otak buah hati kita.

Wow !!!

Betapa berat tantangan mendidik anak di jaman canggih seperti ini... Dengan segala fasilitas dan kemudahan... Apalagi di kota besar seperti Jakarta...

Ya Allah, jadikanlah kami orang tua yang shalih yang mampu mendidik anak-anak kami menjadi anak-anak yang shalih pula...

No comments:

Post a Comment

Jazakumullah khairan katsira...
Makasih banyak ya, sudah meninggalkan jejak di blog ini.
Have a nice day ^^